Senin, 27 April 2015

Mencetak dengan Custom Paper Size pada Crystal Report

Ukuran kertas default pada Crystal Report ialah Letter(9.5inch x 11inch). Ada kalanya bila kita menginginkan laporan dengan ukuran kertas yang lebih kecil, misalnya setengah dari Letter(9.5inch x 5.5inch) maka kita dapat mengesetnya dengan klik kanan pada designer Crystal Report dan pilih menu DesignPrinter Setup. Maka kita dapat mengeset ukuran kertas yang kita inginkan. Hal ini tidak masalah jika dilakukan debugging pada komputer developer. Tetapi, pada saat penginstalasian di komputer client, ukuran kertas berubah menjadi ukuran default/Letter kembali. Hal ini tentu tidak kita inginkan, oleh karena itu artikel ini akan membahas bagaimana cara agar Custom Paper Size dikenali di komputer client.

Mengeset Ukuran Kertas di Crystal Report
debugging aplikasi, ukuran kertas tampak berhasil ditampilkan



Berikut langkah agar custom paper size dapat dikenali di komputer client :
  1. Pada langkah ini kita harus mengeset ukuran kertas yang kita kehendaki misalnya dengan nama setengah dengan ukuran 9.5inch x 5.5inch. Klik menu Start pada Windows, kemudian pilih Printers And Device, Setelah itu pilih Print Server Properties. Akan muncul kotak dialog Print Server Properties.
  2. Pada Kotak Dialog Print Server Properties Ceklist Create New Form, dengan Measurements Unit English dengan ukuran kertas Width : 9,50in, height : 5.50in. Setelah itu klik ok. Dengan ini maka setting ukuran kertas selesai.
Setelah langkah setting ukuran kertas di atas masih perlu dilakukan pengkodean secara hard code agar ukuran kertas tersebut dikenali di komputer client. Pengkodean ini bertujuan mencari ukuran kertas yang terinstal pada sistem dan mengapplynya pada laporan.

Dengan demikian maka pencetakan dengan Custom Paper Size pada komputer Client tidak akan kembali lagi ke ukuran default. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

10 komentar:

  1. terima kasih gan ini sangat bermanfaat buat saya

    BalasHapus
  2. gan koding diatas dimasukan ke form baru atau gmn ya ? saya masuh ngak ngerti maap

    BalasHapus
  3. kasus saya sudah membuat ukuran kertas custom, di control panel sudah dibuat default ukuran kertas custom, tapi pada saat print laporan dr CR nya, preview nya bener ukurannya, tp pas dicetak, kertasnya menggulung. ternyata saya cek printer properties dr preview CR ukuran kertas balik ke letter, dan setiap saya mau print selalu kembali ke letter.. ada solusinya gan ? terima kasih gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Printer apa gan? DOT matrix bukan? Pastikan udah di buat custom paper size nya.. lalu lakukan perulangan sesuai langkah di atas biar dapat paper size nya..

      Hapus
  4. om perintah itu disimpan pas dmn ya

    BalasHapus
  5. Om kok coding nya ga bisa ya ? Saya pake visual studio 2012

    BalasHapus
  6. Pagi pak, saya mau tanya. Saya kan sudah setting nama customer Paper, misalkan namana Faktur, widht 21 height 14 (ini kertas PRS setengah A4). yg saya permsalahkan itu adalah nama kertas Faktur itu tidak mau tetap tersimpan. kadang mislkan skrng sudah di setting masih ada, mungkin bsok atau di pekerjaan berikutnya kadang settingan nama faktur itu hilang. jadinya bisa mengubah posisi pada saat print. itu bagaimana cara mengatasi nya? mohon petunjuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga dengan settingan kertas yang sudah ada ya Pak, seperti A5 atau landscape dengan format landscape.

      Hapus
  7. Makasih banyak. sangat membantu

    BalasHapus